Apa itu bro adalah sebuah website kepo yang akan membagikan sebuah pengetahuan mengenai komputer dan teknologi

Sabtu, 25 Maret 2017

Apa itu Komponen Komputer? Dan Pengertiannya

Apa itu Komponen Komputer? Dan Pengertiannya - Pada era modern seperti sekarang ini tentu banyak yang merakit komputer yang sangat canggih dengan kualitas yang terbaik, tentu semua kecanggihan komputer dilengkapi dengan komponen komponen yang sangat canggih juga, untuk dapat melihat apa itu komponen komputer silakan langsung saja baca dibawah ini, Tetapi alangkah baiknya sebelum mengenal komponen komputer alangkah baiknya ada baca dulu Pengertian Komputer.

Beberapa komponen komputer yang harus anda ketahui karena ini yang sangat penting untuk terbentuk sebuah komputer, jadi saya akan mengurutkannya dari yang sangat penting hingga ke komponen komponen yang lainnya, sebelum kesitu sebaiknya anda baca dulu mengenai Fungsi Komputer.



Komponen Komputer
Komponen Komputer Lengkap


1. Motherboard

            Adalah sebuah perangkat keras yang berupa papan, dimana komponen ini sangatlah penting (utama) karena berisi System BIOS ( Basic Input Output System ), pengaturan koneksi input-output ( chipset ), soket memory ( RAM ), soket kartu grafis ( VGA Card ), Soket Processor dan soket kartu tambahan ( Additional Card seperti  PCI ISA ).

Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat komputer yang menghubungkan komponen yang satu ke komponen yang lainnya.


2. Processor

         Adalah sebuah komponen atau otak komputer yang bisa mnejalankan semua sistem pada komputer. Satuan kecepatan dalam processor yaitu Mhz ( Mega Heartz ) atau Ghz ( Giga Heartz ) Dengan semakin besarnya processor maka makin cepat menjalankan komputer

Fungsi Processor adalah memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer lainnya, terutama haddisk drive (HDD) dan RAM.


3. RAM ( Random Acces Memory )

       Adalah tempat penyimpanan pada saat komputer di jalankan dan dapat di akses secara random ataupun acak.

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan program yang kita oleh untuk sementara waktu ( Power On ).

4. VGA Card ( Vidio Graphics Accelerator )

       Adalah alat yang sangat penting untuk menampilkan output  proses ke monitor.

Fungsi VGA Card adalah untuk mengolah data graphis untuk di tampilkan di layar monitor.

5. Harddisk Drive

       Adalah sebuah sebuah perangkat keras yang menyimpan data sekunder berisi piringan keras magnetis.

Fungsi Harddiks Dive adalah sebagai penyimpan data secara permanen terutama sebagai penyimpanan sistem operasi dan bisa kita akses kapan saja kita mau

6. Monitor

       Adalah komponen yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di output dari vidio card.

7. Heatsink/ Fan Processor

Heatsing adalah tindakan mengurangi atau mengilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer.

8. CD ROM/ Optical Drive

CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

9. Casing

Casing adalah bagian dalam komputer yang berfungsi sebagai pakain atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi.

10. Keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu.

11. Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. 


Apakah anda sudah paham mengenai apa itu komponen komputer, semoga artikel yang saya bagikan untuk anda bermanfaat dan baca juga artikel yang saya sarankan yaitu Apa Itu Monitor.

Sumber: http://randiriskandi.blog.widyatama.ac.id/2016/01/14/mengenal-komponen-komponen-komputer-lengkap-dengan-fungsinya/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa itu Komponen Komputer? Dan Pengertiannya

0 komentar:

Posting Komentar